Pencarian populer

Hal-hal yang Sudah bisa Dilakukan oleh Robot dan Kecerdasan Buatan (2)

Daftar pekerjaan dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh robot dan kecerdasan buatan masih terus bertambah.

Baca juga: Hal-hal yang Sudah bisa Dilakukan oleh Robot dan Kecerdasan Buatan (1)

Masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan oleh robot. Berikut adalah lanjutannya:

Melukis dan membuat karya seniLu

Lukisan yang dibuat oleh kecerdasan buatan. Sumber gambar: Laboratorium Bethge.

Pekerjaan lainnya yang dipercaya aman dan tidak akan diambil alih oleh mesin adalah seniman atau artis. Menghasilkan karya seni tidak dapat dilakukan tanpa otak manusia karena seni yang baik secara efektif hanya dapat dibuat dan dinilai oleh mata manusia. Penciptaan karya seni membutuhkan indera manusia untuk memberikan persepsi, kedalaman, bayangan, dan unsur-unsur seni rupa lainnya. Kecuali jika kecerdasan buatan dapat melakukan hal-hal tersebut, mesin tidak akan bisa menciptakan karya seni.

Namun ada kabar buruk yang harus didengar oleh para seniman di luar sana. Kecerdasan buatan sudah mampu menciptakan karya seni. Pada tahun 2015, sebuah eksperimen yang dilakukan oleh para saintis di laboratorium Bethge di Jerman mengajarkan kecerdasan buatan berbagai macam elemen dan gaya melukis yang ada pada lukisan. Informasi tersebut disimpan oleh kecerdasan buatan dan mesin tersebut diharapkan dapat membuat replika seni dengan meniru gaya lukisan yang telah ia pelajari. Secara mengejutkan, kecerdasan buatan mampu melukis sebuah jalan di Jerman dengan gaya melukis Van Gogh dengan garis dan bayangan yang sempurna.

Menulis puisi

Mungkin dunia tidak akan berubah jika robot bisa menulis puisi karena di zaman sekarang ini menulis puisi tidak benar-benar bisa dijadikan pekerjaan. Tidak banyak atau bahkan tidak ada uang yang dibayarkan untuk pembuatan puisi. Untuk menulis puisi, seseorang membutuhkan pehamanan mengenai rima, bait, intonasi, dan unsur lainnya yang hanya dapat diapresiasi oleh otak manusia. Dan kita akan menduga bahwa akan cukup sulit untuk kecerdasan buatan melakukan itu semua tanpa diajarkan secara eksplisit.

Namun ternyata sudah banyak puisi yang dibuat oleh kecerdasan buatan dan kita tidak mampu membedakan antara puisi yang dibuat oleh robot dan puisi yang dibuat oleh manusia.

Berikut adalah salah satu contoh puisi dalam bahasa Inggris yang dibuat oleh kecerdasan buatan:

When I in dreams behold thy fairest shade

Whose shade in dreams doth wake the sleeping morn

The daytime shadow of my love betray’d

Lends hideous night to dreaming’s faded form

Tentu saja kecerdasan buatan tidak bangun di pagi hari dan tiba-tiba mampu membuat puisi tersebut di atas. Seorang mahasiswa doktoral dari MIT, J. Nathan Matias lah yang mengajarkan robot untuk menulis puisi tersebut. Ia mengajarkan struktur dasar sebuah kalimat dan sintaksnya. Butuh beberapa kali percobaan sampai akhirnya robot mampu menghasilkan tulisan yang original dan berbentuk puisi.

Membaca pikiran manusia

Kemampuan sebuah mesin untuk melihat apa yang ada dalam pikiran kita bukan hanya ada di science fiction. Dan kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana hal tersebut dapat dilakukan.

Pada tahun 2017 para peneliti dari Jepang melakukan sebuah eksperimen mengenai hal ini. Pada eksperimen tersebut, kecerdasan buatan mampu melihat apa yang ada di kepala kita ketika kita memikirkan sesuatu. Robot tersebut kemudian menggambarkan apa yang ada di kepala kita dengan akurat. Sesuatu yang sangat mengejutkan namun juga mengerikan.

Gambar yang dibuat oleh robot tersebut bukanlah hitam putih dan asal-asalan melainkan gambar yang benar-benar nyata yang sangat mirip dengan apa yang dipikirkan oleh manusia.

Dalam percobaan lainnya, sebuah robot mampu mengonversikan pikiran manusia menjadi sinyal suara. Ketika mereka memainkan suara tersebut di depan para pendengar, mereka mampu mengenali suara tersebut dengan keakuratan sebesar 75 persen.

Mungkin kemampuan robot ini memang mengerikan, namun ada juga aplikasi yang baik dari kemampuan ini. Contohnya adalah ketika robot mampu mengidentifikasi dan mengobati halusinasi pada penderita schizophrenic, yaitu sebuah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya tidak mampu memahami kenyataan kehidupan.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan