Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Pantai Wai Ipa, 'Surga' Terpencil di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Tempat makan beratapkan rumbia yang dikelola warga Desa Wai Ipa. Foto: Idrus Ipa
Pantai Wai Ipa, begitu masyarakat setempat menyebutnya. Lokasi wisata pantai ini terletak di Desa Wai Ipa, Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara.
ADVERTISEMENT
Air laut berwarna biru jernih berpadu dengan kerikil hitam menarik perhatian masyarakat untuk kembali berkunjung, terutama pada sore hari, meski hanya sekadar mandi pantai dan menikmati buaian angin laut.
“Kebanyakan masyarakat Kepulauan Sula yang berwisata di Pantai Wai Ipa karena ingin berenang di lautan yang jernih, dengan membawa keluarga mereka,” kata Dino, salah satu pengunjung ketika ditemui cermat, Rabu (12/6).
Pengunjung lokal sering datang bersama anak-anak pada sore hari. Foto: Idrus Ipa
Meskipun tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang lengkap, serta sarana dan prasarana pendukung yang memadai, tempat ini menjadi favorit bagi warga Sula untuk berlibur bersama keluarga. Diketahui, pantai indah ini masih dikelola oleh masyarakat setempat, bukan pemerintah.
Selain memiliki pesona lautan yang asri dan sejuk, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai kuliner khas dengan harga murah meriah. Jajanan tersebut dijajakan oleh warga Desa Wai Ipa di sepanjang pinggiran pantai.
ADVERTISEMENT
Berbagai kuliner khas daerah Kota Sanana, seperti pisang goreng, sambal roa, air guraka (air jahe) dan minuman es kelapa muda, menjadi menu favorit wisatawan.
Pisang goreng, dabu-dabu roa, dan es kelapa muda adalah menu utama di tempat wisata Pantai Desa Wai Ipa. Foto: Idrus Ipa
Harganya pun relatif ramah di kantong, yakni Rp 30 ribu untuk satu paket menu: sepiring pisang goreng, air guraka, dan satu buah kelapa muda.
sepanjang pesisir pantai desa Wai Ipa. Foto: Idrus Ipa.
Dino mengaku senang berkunjung ke Pantai Wai Ipa. "Sejuk. Tempat ini bagus, strategis, tidak jauh dari rumah. Pemandangannya indah dan juga makanan yang enak,” ungkapnya.
Dino berharap, pemerintah bisa memperhatikan wisata alam Pantai Wai Ipa agar banyak wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara yang berkunjung. (Idrus Ipa)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86