Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Mempererat Silaturahmi, Warga Toboleu di Ternate Gelar Lebaran Ketupat

Para Kepala Dinas, Camat Ternate Utara, dan Babinsa Kelurahan Toboleu, berfoto bersama dengan beberapa pemuda Koloncucu. Foto: Rizal Syam/cermat
Warga RW 01 kelurahan Toboleu, Ternate Utara menggelar lebaran ketupat dengan mengadakan makan siang bersama dengan segenap masyarakat serta jajaran pemerintahan Kota Ternate, Maluku Utara.
ADVERTISEMENT
Acara lebaran ketupat yang diselenggarakan pada hari ketujuh Idul Fitri 1440 hijriah itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan kota Ternate Arifin Umasangaji, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate Ruslan Bian, serta Camat Ternate utara Zulkifli.
Azhari, ketua panitia lebaran ketupat di kelurahan Toboleu mengatakan, agenda ini dilangsungkan guna memupuk rasa solidaritas antar warga, sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar umat beragama.
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate Arifin Umasangaji , saat memberikan sambutan. Arifin juga mensosialisasikan penggunaan penutup kepala adat Ternate 'Tuala' dan sapaan khas orang Ternate 'Suba Jo' kepada masyarakat. Foto: Rizal Syam/cermat
Sementara, Ahmad Muhdar, tokoh masyarakat Koloncucu menjelaskan, di Ternate, orang mengartikan lebaran ketupat sebagai puasa sunnah.
“Di Ternate sini, kita mengenal lebaran ketupat itu sebagai puasa sunnah,” ucap Ahmad Muhdar saat memberikan sambutan, Rabu (12/6).
Kelurahan Toboleu, menurut camat Ternate Utara, merupakan salah-satu dari empat kelurahan besar yang ada di kecamatan Ternate Utara.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Zulkifli mengimbau kepada pemuda di kelurahan Toboleu agar berupaya menjauhi segala macam kegiatan yang merugikan, seperti misalnya minuman keras.
Sebelumnya, pemuda di kelurahan ini, khususnya Koloncucu Pantai, dikatakan berhasil membuat berpartisipasi masyarakat dalam Festival Ela-Ela 2019. Di mana, pada lomba tersebut kelurahan Toboleu berhasil menyabet juara ketiga dari total 17 peserta lomba hias kampung.
Kepala dinas kebudayaan, selaku pihak yang menggagas lomba festival Ela-Ela memberikan apresiasi atas apa yang telah diraih kelurahan tersebut lewat gerakan orang muda.
“Saya sangat mengapresiasi pemuda kelurahan Toboleu yang sudah berhasil membawa pulang juara ketiga dalam lomba kemarin (festival Ela-Ela),” ucap Arifin Umasangaji.
Arifin berharap pemuda-pemuda kampung di Ternate terus mengasah jiwa kreatif mereka untuk memunculkan ide-ide yang menarik, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat luas.
ADVERTISEMENT
---
Rizal Syam
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86